Jakarta –
Petugas
Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi 1433 H diminta memperhatikan pelayanan
perumahan dan katering, mengingat dua masalah ini yang sekalu menjadi
pertanyaan jemaah.
Direktur
Pembinaan Haji Kementerian Agama Ahmad Kartono ketika menutup pembekalan
petugas haji 2012 di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa sesungguhnya semua unsur
pelayanan harus menjadi perhatian petugas. Akan tetapi, dari tahun ke tahun,
dua permasalahan itu selalu menjadi perhatian jemaah.
Oleh karena
itu, selama pembekalan petugas selalu diingatkan untuk memperhatikan dan
memberi penjelasan semaksimal mungkin tentang kedua fasilitas tersebut. Kartono
juga mengingatkan agar petugas tidak membeda-bedakan pelayanan kepada jemaah.
“Semuanya
harus diperlakukan sama. Sesuai dengan janji petugas maka jemaah berhak
mendapat layanan lima S, salam, sapa, senyum, sopan, dan santun,” kata Kartono.
Ketika
ditanya tentang kualitas petugas tahun ini, Kartono mengatakan bahwa secara
umum kualitasnya meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, termasuk
tingkat kehadiran peserta.
Ia berharap
petugas haji tahun ini mampu meningkatkan kualitas layanan dibandingkan tahun
lalu. Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik, tingkat kepuasan jemaah tahun
lalu sebesar 83,5 persen.
“Kita
berharap tahun ini tingkat kepuasan jemaah bisa meningkat di atas 83,5 persen.
Minimal 84 persen,” kata Kartono.
Petugas haji
tahun 2012 sebanyak 830 orang yang diseleksi dari pelamar sekitar 18.000 orang,
katanya. (rep)
URL : https://sinarpagisptsm.blogspot.com/2012/07/petugas-haji-diminta-perhatikan-layanan.html