***********Waspada dan Hati-hati....! terhadap bencana Banjir.......Longsor........Pohon tumbang akibat Angin Kencang..........seta tertib berlalu-lintas...................Banyak Jalan Berlubang...........Sayangi diri anda, dan Keluarga anda***********

30/11/14

Gaji Guru Indonesia Paling Kecil


Liputan6.com, London - Beberapa hari yang lalu (25/11/2014), Indonesia memperingati Hari Guru Nasional dengan khidmat. Beragam kegiatan dilakukan, yang pada dasarnya dibuat untuk mengingat peran guru dalam membangun bangsa.
Hari guru sendiri sebenarnya bukan hanya miliki Indonesia. Hari Guru juga diperingati di banyak negara, meskipun dengan tanggal yang berbeda-beda. Adapun Hari Guru jatuh pada tanggal 25 November adalah karena bertepatan dengan hari berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).
Salah satu bentuk penghargaan terhadap jasa guru adalah dengan memberikan upah yang layak bagi profesi tersebut, meskipun memang hal tersebut bukan satu-satunya. Tetapi, meskipun peringatan Hari Guru selalu dilakukan tiap tahun dengan khidmat, ternyata gaji guru di Indonesia masih terhitung sangat kecil.
Berdasarkan data dari 30 negara anggota OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) yang dikutip dari The Guardian, Kamis (27/11/2014), Indonesia menempati posisi terbawah (posisi ke-30) untuk urusan besaran gaji guru. Gaji guru di Indonesia hanya US$ 2.830 per tahun atau sekitar Rp 34,4 juta per tahun (Kurs: Rp 12.176/US$).
Bahkan, gaji guru di Indonesia jauh lebih kecil dari Hungaria, negara yang hanya satu peringkat di atas Indonesia, yang menggaji gurunya US$ 14.760 per tahun.
Sedangkan negara yang paling besar menggaji gurunya adalah Swiss, yaitu sekitar US$ 68.000/tahun. Bahkan, gaji guru di Swiss lebih tinggi dari rata-rata gaji pekerja di negara tersebut yang mencapai angka sekitar US$ 50 ribu per tahun.

Daftar Gaji Guru di 30 Negara, RI Peringkat Berapa?
Pada tahun 1994, UNESCO resmi menetapkan tanggal 5 Oktober sebagai Hari Guru Sedunia. Meskipun begitu, Hari Guru di beberapa negara berbeda-beda. Brazil dan Chili misalnya, Hari Guru diperingati setiap tanggal 15 Oktober, sementara di Singapura diperingati tiap 1 September yang juga ditetapkan sebagai hari llibur sekolah.
Di Indonesia, Hari Guru diperingati pada tanggal 25 November sejak tahun 1994. Berbeda dengan Singapura, di Indonesia Hari Guru tidak dijadikan hari libur nasional. Penetapan tanggal 25 November sendiri adalah karena bertepatan dengan tanggal berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).
Salah satu bentuk penghargaan terhadap guru adalah pemberian upah yang layak bagi profesi tersebut. Bagaimana perbandingan upah guru antarnegara, termasuk Indonesia?
Seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (27/11/2014), dari 30 negara yang menjadi anggota OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development), Swiss adalah negara yang memberikan upah guru terbesar, yaitu US$ 68.820 pertahun atau sekitar Rp 837 juta (kurs: Rp 12.176/US$).
Menariknya, gaji guru di Swiss bahkan lebih tinggi dari rata-rata gaji pekerja di negara tersebut, yaitu sekitar US$ 50.000 pertahun.
Posisi Swiss diikuti oleh Belanda, Jerman dan Belgia. Indonesia sendiri menempati posisi paling buncit dengan gaji guru rata-rata hanya US$ 2.830 atau sekitar Rp 34,4 juta per tahun.


URL : http://sinarpagisptsm.blogspot.com/2014/11/gaji-guru-indonesia-paling-kecil.html
#running news { position:fixed;_position:absolute;top:0px; center:0px; clip:inherit; _top:expression(document.documentElement.scrollTop+ document.documentElement.clientHeight-this.clientHeight); _left:expression(document.documentElement.scrollLeft+ document.documentElement.clientWidth - offsetWidth); }