***********Waspada dan Hati-hati....! terhadap bencana Banjir.......Longsor........Pohon tumbang akibat Angin Kencang..........seta tertib berlalu-lintas...................Banyak Jalan Berlubang...........Sayangi diri anda, dan Keluarga anda***********

16/11/11

Pemdes Sukasetia dan Pendidikan Peringati Hari Sumpah Pemuda





Tasikmalaya, SP.
          Tak dapat dipungkiri, Peran Pemuda Tak Tergantikan Dalam Kehidupan Berbangsa. Hampir semua bangsa punya tokoh muda yang tampil untuk memeprjuangkan dan menjaga kedaulatan bangsanya. 
          Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia.
          Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945.
          Begitu juga seperti halnya yang dilakukan Pemerintah Desa Sukasetia Kecamatan Cisayong Kab Tasikmalaya, sebagai bentuk menumbuhkan sejarah dalam upaya membentuk karakter generasi penerus bangsa agar tak khilap serta mencintai bangsanya sendiri, pada tanggal 28 Oktober 2011 lalu melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda bersama para guru dan siswa Sekolah Dasar yang berada dilingkungan wilayah Desa Sukasetia.
Pelaksanaan Upacara didominasi para guru dan siswa, bahkan yang bertindak sebagai komandan Upacaranya pun dilakukan oleh seorang siswa, sedangkan Kepala Desa Sukasetia Eli Sutardipradja bertindak sebagai Pembina Upacara.
          Sungguh menakjubkan, walau sebagian besar rangkaian jalannya Upacara Sumpah Pemuda di Desa Sukasetia didominasi siswa SD, namun dapat berjalan tertib dan disiplin. Hal ini menunjukan bahwa sudah terlihat adanya sikap mental dan pembentukan karakter pada pribadi para siswa yang cukup baik. Secara aktualitasnya pembentukan karakter bisa diterapkan dengan berbagai sistem, termasuk salah satunya melalui bersosialisasi dan pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Bersejarah Bangsa kita.
          “Sengaja kami menggelar Upacara Sumpah Pemuda kali ini bersama para siswa dan Guru SD yang berada dilingkungan Desa Sukasetia, dalam upaya memupuk rasa kebersamaan, senasib dan seperjuangan serta bersosialisasi dan pembentukan sikap mental, disiplin, kemudian yang paling penting pembentukan karakter, sehingga para siswa lebih mengetahui tentang etika dan bangga sebagai Bangsa Indonesia”. Kata Kades Sukasetia E. Sutardipradja usai melaksanakan Upacara Sumpah Pemuda.

***W.Er***
URL : http://sinarpagisptsm.blogspot.com/2011/11/pemdes-sukasetia-dan-pendidikan.html
#running news { position:fixed;_position:absolute;top:0px; center:0px; clip:inherit; _top:expression(document.documentElement.scrollTop+ document.documentElement.clientHeight-this.clientHeight); _left:expression(document.documentElement.scrollLeft+ document.documentElement.clientWidth - offsetWidth); }