PT PLN
(Persero) meresmikan penggunaan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpadu
(AP2T) secara nasional (Go Live) untuk seluruh wilayah kerja PLN.
Peresmian aplikasi ini dilakukan oleh Direktur Utama PLN Nur Pamudji dengan
didampingi jajaran Direksi PLN serta Direktur Utama PT Indonesia Comnets Plus
(Icon+) Muhammad Buldansyah pada hari Jumat, 14 Desember 2012 di Banda Aceh,
Nanggroe Aceh Darussalam.
Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpadu ini memadukan seluruh proses bisnis tata usaha langganan PLN dengan sistem pengelolaan dan pengawasan pendapatan perusahaan (P2APST), sistem Enterprise Resource Planning (ERP), sistem listrik prabayar, sistem non-tagihan listrik, Contact Center 123 serta fitur lain sehingga menjadikan pelayanan PLN lebih mudah, cepat dan pasti. Dengan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpadu ini, pelanggan PLN dapat melakukan permintaan pasang baru, perubahan daya, maupun penyambungan sementara listrik kapan saja dan dimana saja.
Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpadu ini memadukan seluruh proses bisnis tata usaha langganan PLN dengan sistem pengelolaan dan pengawasan pendapatan perusahaan (P2APST), sistem Enterprise Resource Planning (ERP), sistem listrik prabayar, sistem non-tagihan listrik, Contact Center 123 serta fitur lain sehingga menjadikan pelayanan PLN lebih mudah, cepat dan pasti. Dengan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpadu ini, pelanggan PLN dapat melakukan permintaan pasang baru, perubahan daya, maupun penyambungan sementara listrik kapan saja dan dimana saja.
Dengan
aplikasi ini, para pelanggan dan calon pelanggan PLN cukup menghubungi PLN
lewat salah satu saluran Contact Center 123 (telepon 123, email This e-mail
address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view
it , akun facebook pln123, dan akun twitter @pln_123) akan dilayani oleh para
petugas PLN tanpa harus datang ke kantor PLN. Setelah melakukan registrasi,
transaksi pembayaran dilakukan lewat bank atau ATM bank.
Sebelum penerapan aplikasi pelayanan pelanggan terpusat, sistem pelayanan PLN masih belum seragam, belum standar, dan belum terintegrasi secara terpusat. Selain itu, pihak manajemen PLN mengalami kendala dalam pengawasan dan pengelolaan pendapatan dari transaksi listrik secara real time dan online.
Sebelum penerapan aplikasi pelayanan pelanggan terpusat, sistem pelayanan PLN masih belum seragam, belum standar, dan belum terintegrasi secara terpusat. Selain itu, pihak manajemen PLN mengalami kendala dalam pengawasan dan pengelolaan pendapatan dari transaksi listrik secara real time dan online.
"Dengan
AP2T pelangan PLN seluruh nusantara akan terlayani dengan terpusat dan standar,
jadi perlakuan pelanggan PLN diseluruh indonesia itu sama dan akan terlayani
dengan baik" ujar Nur Pamudji dalam sambutannya.
Sistem AP2T
Nasional ini didukung oleh PT Icon+ yaitu Anak Perusahaan PLN yang bergerak
dibidang telekomunikasi. AP2T merupakan bukti upaya terobosan inovasi yang
dilakukan PLN dalam peningkatan pelayanan kepada para pelanggan dengan
memberikan kemudahan dan percepatan sistem pelayanan PLN kepada para konsumen
setia di tanah air. (SF)
URL : https://sinarpagisptsm.blogspot.com/2012/12/pln-terapkan-pelayanan-pelanggan.html