***********Waspada dan Hati-hati....! terhadap bencana Banjir.......Longsor........Pohon tumbang akibat Angin Kencang..........seta tertib berlalu-lintas...................Banyak Jalan Berlubang...........Sayangi diri anda, dan Keluarga anda***********

19/01/15

SMKN I Rajapolah Gelar Apresiasi Seni “Bamboo World”


Tasikmalaya Kab, SP.
SMKN I Rajapolah Minggu (18/1) menggelar acara Apresiasi Seni dengan tema “Bambu World”, bertempat di lapangan baru area SMKN I Rajapolah Ciinjuk Kab Tasikmalaya Jawa Barat.
Acara ini merupakan even para siswa yang tergabung dalam Sanggar Seni SMKN I Rajapolah yang dibina langsung oleh guru Seni SMKN I Rajapolah Tenira Nurwanda, S.Sn.
Apresiasi yang digelar kali ini ditonjolkan musik bambu yang menjadi andalannya, Arumba (Alunan Rumpun Bambu) adalah alat musik yang terbuat dari bambu, dengan kemasan dan arasemen yang ditata dengan baik dan secara apik akhirnya dapat membuahkan suatu musik dengan jendre jass dan rege yang indah dan mempesona. Sehingga membuat minat para siswa sangat besar untuk menyaksikannya, bahkan terpesona, karena menjadikannya sebagai musik yang berkelas dibanding musik yang lainnya. Apalagi dengan dibumbui iringan drum yang terbuat hanya dari kendang, kecrekan dan piringan saja, namun menghasilkan suara yang sangat indah yang justru bertindak sebagai motor penyemangat dari grup arumba itu sendiri.
Dalam sambutanya Pembina Sanggar Seni SMKN I Rajapolah Tenira Nurwanda, S.Sn, mengatakan: “Acara ini terselenggara berkat kerjasama yg baik dari para siswa serta pihak sekolah terutama dukungan dari Kepala Sekolah SMKN I Rajapolah Bpk.H.Zenal.Mutaqin, S.Pd.MM.Pd
Apresiasi Seni Budaya karya para siswa sanggar seni kali ini mengambil tema “Bambu Word”, dimana tujuannya adalah agar para siswa lebih mengenal dan menjadi tahu bahwa musik bambu ini adalah merupakan seni budaya bangsa kita, yaitu berasal dari Jawa Barat.
Selain itu pun bahwa dengan adanya acara apresiasi seni ini, agar para siswa dapat berkreatif, inopatif, berkarya serta dapat meluapkan dan mengimplementasikannya, sehingga melatih mereka dalam suatu sikap mental yang positif, dapat betanggung jawab, disiplin, bekerjasama, serta saling menghargai baik sesama temannya maupun guru dan masyarakat sekitarnya.
Acara ini pun sebagai perwujudan Kurikulum 2013, dimana sangat multi fungsi apa yang terkandung didalamnya, mulai dari mensyukuri dari segala yg diciptakan Alloh SWT, hingga merasakan fungsi dari seni itu sendiri. Yang pada realitanya bahwa seni tidak semudah apa yang dibayangkan, karena seni adalah kratifitas atau berkarya yg secara tidak langsung melatih kesabaran atau keseimbangan emosional, belajar rendah hati dan rasa saling senasib seperjuangan dalam mengimplementasikannya.
Inilah hasil karya /kreativitas para siswa SMKN I Rajapolah semoga kedepannya akan terus lebih baik lagi.” Tuturnya.
Diakhir sambutanya, Tenira berharap: “Dalam kesempatan ini pula saya sebagai pembina sanggar seni SMKN I Rajapolah mengucapkan banyak terima kasih atas segala perhatian, dan dukungannya.
Mohon maaf bila masih ada kekurangannya, segala masukan dan saran dari semua pihak sangat diharapkan, untuk perbaikan dimasa yang akan datang”.
Kepala Sekolah SMKN I Rajapolah H.Zenal.Mutaqin, S.Pd.MM.Pd, dalam sambutannya mengatakan: “Saya sebagai Kepala Sekolah SMKN I Rajapolah sangat apresiasi dan sangat mendukung terhadap kegiatan ini, apalagi hal seperti ini merupakan suatu kegiatan yang positif, dimana dengan seni merupakan salah satu media pendidikan karakter bagi para siswa, karena didalamnya terkandung unsur-unsur pelajaran kreatifitas, karakter, sikap mental, kemandirian, kerjasama, rasa tanggung jawab dan yang paling penting dapat mempertahankan adat ketimuran kita.
Apapun kegiatan yang dilakukan di Sekolah selagi itu bersifat positif tentu akan saya dukung”. Tegasnya.
Selanjutnya menurut Zenal, “Kedepannya saya berharap dalam even seperti ini rutin kita laksanakan yang menjadi kegiatan tahunan dan sudah masuk dalam kurikulum di SMKN I Rajapolah, dimana dalam pelaksanaannya nanti diharapkan kita dapat mengundang para unsur kedinasan khususnya dinas pendidikan, pariwisata, dan sekolah – sekolah SMP disekitar wilayah kita, tidak hanya intern para siswa atau Muspika setempat. Tambahnya.
(***W.E***)

URL : http://sinarpagisptsm.blogspot.com/2015/01/smkn-i-rajapolah-gelar-apresiasi-seni.html
#running news { position:fixed;_position:absolute;top:0px; center:0px; clip:inherit; _top:expression(document.documentElement.scrollTop+ document.documentElement.clientHeight-this.clientHeight); _left:expression(document.documentElement.scrollLeft+ document.documentElement.clientWidth - offsetWidth); }