***********Waspada dan Hati-hati....! terhadap bencana Banjir.......Longsor........Pohon tumbang akibat Angin Kencang..........seta tertib berlalu-lintas...................Banyak Jalan Berlubang...........Sayangi diri anda, dan Keluarga anda***********

02/01/13

Kementerian PU Telah Proses 5.495 Paket Tender 2013



Jakarta-
Kementerian Pekerjaan Umum (PU) telah memproses lelang pekerjaan tahun anggaran 2013 sebanyak 5.495 paket atau senilai Rp30,5 triliun. Menteri PU Djoko Kirmanto mengutarakan, proses tender tersebut telah dimulai sejak November sebagai upaya percepatan penyerapan anggaran pada tahun ini.
Dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Kementerian PU di Jakarta, akhir pekan lalu, Djoko Kirmanto mengatakan, paket-paket pekerjaan yang telah diproses tersebut merupakan bagian dari 8.195 paket senilai Rp45 triliun yang telah diumumkan kepada masyarakat.    
“Proses tender tersebut, sebagian besar dalam waktu dekat akan segera dilakukan penetapan pemenangnya,” sebutnya. 
Pada kesempatan tersebut, Menteri PU juga mengungkapkan, dirinya berupaya mengurangi penggunaan pinjaman luar negeri di Kementeriannya. Hal tersebut disebabkan, persyaratan pinjaman luar negeri dirasa sangat rumit dan menyulitkan sehingga tidak jarang menganggu berlangsungnya pekerjaan di lapangan.
Selain itu, Djoko Kirmanto menilai kemampuan APBN Indonesia saat ini cukup kuat untuk menanggung program kerja Kementerian PU. Pada tahun ini, dari Rp77,97 triliun dana Kementerian PU hanya Rp7,8 triliun yang merupakan pinjaman luar negeri. Untuk itu, Dia menginstruksikan kepada jajarannya untuk menghindari penggunaan pinjaman luar negeri bila tidak terpaksa.
“Dulu kita terpancing dengan adanya grant pada tahap awal (hibah-red), misalnya mau bangun waduk, mereka bilang kita bantu untuk masterplan dan FS (feasible study-red)-nya dengan grant, padahal itu nilainya tidak seberapa dan yang mengerjakan mereka juga,” terangnya.
Djoko Kirmanto menambahkan, persyaratan pinjaman juga lebih menguntungkan kepada negara pemberi pinjaman seperti kontraktor dan konsultannya harus dari negara mereka. Padahal menurutnya, kualitas pekerja asing tersebut belum tentu lebih baik dibanding pekerja dalam negeri.
Menteri PU juga menyambut positif semakin kecilnya rasio hutang terhadap Produk Domestik Bruto Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini ratio hutang Indonesia berkisar 25-26 persen terhadap PDB. Pemerintah juga menargetkan dapat menekan angka tersebut menjadi 23 persen dalam waktu dekat. ()
URL : http://sinarpagisptsm.blogspot.com/2013/01/kementerian-pu-telah-proses-5495-paket.html
#running news { position:fixed;_position:absolute;top:0px; center:0px; clip:inherit; _top:expression(document.documentElement.scrollTop+ document.documentElement.clientHeight-this.clientHeight); _left:expression(document.documentElement.scrollLeft+ document.documentElement.clientWidth - offsetWidth); }