***********Waspada dan Hati-hati....! terhadap bencana Banjir.......Longsor........Pohon tumbang akibat Angin Kencang..........seta tertib berlalu-lintas...................Banyak Jalan Berlubang...........Sayangi diri anda, dan Keluarga anda***********

12/07/12

Selama 9 Tahun, MK Batalkan 322 Undang-Undang


Jakarta,—
Mahkamah Konstitusi (MK) selama kurun waktu 9 tahun terkahir telah membatalkan 322 pengajuan Undang-Undang dari total 46 yang diajukan ditingkat MPR dan DPR sebagai produk perundang-undangan.
"Selama berdirinya MK, ada 460 UU yang di-Judicial Review, MK mengabulkan 138 UU atau sekitar 27 persen dari jumlah total penganjuan Undang undang," kata Ketua MK Mohammad Mahfud MD usai memberikan Kuliah Umum di Pasca Sarjana Universitas Muslim Indonesia Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (12/7).
Ia menyebutkan, alasan tidak dikabulkan Undang-undang tersebut karena kesalahan isi dan muatan yang bertentangan dengan konstitusi sehingga sangat mutlak untuk dibatalkan.
"Tidak sesuai isi dan bertentangan dengan konstitusi makanya dibatalkan, kontennnya macam-macam," papar mantan anggota DPR RI ini kepada wartawan.
Sejak MK terbentuk mulai pada tahun 2003 sampai 2012, kata mantan Hakim Konstitusi ini, sebanyak 460 Undang-undang melalui proses Yudisial Review dan hanya 138 yang dikabulkan selebihnya dibatalkan karena kesalahan isi.
Mantan Menteri Pertahanan Kabinet Persatuan Nasional ini mengemukakan, pembaharuan struktur ketatanegaraan sudah dilakukan seperti menghapus Dewan Pertimbangan Agung kemudian membentuk Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial dan Dewan Pimpinan Daerah dan lainnya.
"Dulu tidak ada Undang-undang dibatalkan, sekarang ada. Beberapa struktur baru kan sudah terbentuk seperti yang saya sebutkan tadi," tandas Guru Besar Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta ini. (A.c)
URL : http://sinarpagisptsm.blogspot.com/2012/07/selama-9-tahun-mk-batalkan-322-undang.html
#running news { position:fixed;_position:absolute;top:0px; center:0px; clip:inherit; _top:expression(document.documentElement.scrollTop+ document.documentElement.clientHeight-this.clientHeight); _left:expression(document.documentElement.scrollLeft+ document.documentElement.clientWidth - offsetWidth); }