***********Waspada dan Hati-hati....! terhadap bencana Banjir.......Longsor........Pohon tumbang akibat Angin Kencang..........seta tertib berlalu-lintas...................Banyak Jalan Berlubang...........Sayangi diri anda, dan Keluarga anda***********

30/07/13

229 km Jalan di Pantura Sudah Menggunakan Beton


Jakarta,-
229 Km jalan di pantura sudah ditingkatkan menggunakan beton, pembetonan yang dilakukan bertahap ini dilakukan karena beton lebih kuat menahan beban dan lebih tahan terhadap air. Hal tersebut dikatakan oleh Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum (SAMPU) bidang Keterpaduan Pembangunan Taufik Widjoyono dalam diskusi dengan media massa kemarin (29/7).
“Secara bertahap memang konstruksi jalan di Pantura akan ditingkatkan menggunakan beton, dan saat ini sudah berjalan sepanjang 229 km,”kata Taufik.
Taufik menambahkan bahwa kendaraan yang melintasi pantura adalah 40-50 ribu kendaraan perhari, dan sekitar 30 persennya adalah truk. Saat ini pekerjaan peningkatan jalan tol dengan cara pembetonan dilakukan di antaranya Cikampek, Cirebon dan Tegal, dimana truk yang melintas disana relative tinggi.
“Maintenance pantura, proses pemeliharaan itu macam-macam, rutin, periodic dan peningkatan, sekarang yang ditingkatkan itu ada di antara Cikampek, Cirebon dan Tegal, itu memang lalu linntas truknya 30 persen, sehingga memang itulah konsentrasi kita untuk menangani,”tambah Taufik.
Taufik melanjutkan, bahwa pekerjaan pembetonan ini harus dilaksanakan dengan hati-hati, karena beton tadi penyelesaiannya mnemerlukan waktu cukup lama. Taufik mencontohkan, bahwa dahulu, butuh waktu 20 hari sebelum beton tersebut bisa dilintasi.
“Sekarang 7 hari jalan tidak boleh dipakai, maka itu apabila kita menggunakan beton harus sepotong demi sepotong, agar tidak mengganggu arus kendaraan yang melewati,”kata Taufik.
Sebelumnya Menteri PU Djoko Kirmanto mengatakan perubahan komposisi jalan tersebut dilakukan agar ruas jalan Pantura mampu menahan volume kendaraan yang diprediksi terus meningkat. Saat ini, Djoko mengatakan dari 1300 kilometer jalan nasional di Pantura terdapat 229 km telah memakai beton, sedangkan 106 km diganti daur ulang.
Djoko juga mengatakan, bahwa jalur Pantura yang diberi beton tersebar secara menyeluruh, hal ini untuk mengurangi kemacetan di beberapa jalur pantura.

URL : http://sinarpagisptsm.blogspot.com/2013/07/229-km-jalan-di-pantura-sudah.html
#running news { position:fixed;_position:absolute;top:0px; center:0px; clip:inherit; _top:expression(document.documentElement.scrollTop+ document.documentElement.clientHeight-this.clientHeight); _left:expression(document.documentElement.scrollLeft+ document.documentElement.clientWidth - offsetWidth); }