***********Waspada dan Hati-hati....! terhadap bencana Banjir.......Longsor........Pohon tumbang akibat Angin Kencang..........seta tertib berlalu-lintas...................Banyak Jalan Berlubang...........Sayangi diri anda, dan Keluarga anda***********

01/06/12

Menkeu Optimistis Iklim Usaha Indonesia Tetap Terjaga


Jakarta, 1/6/2012 MoF (Fiscal) News - Kementerian Keuangan terus berupaya untuk menjaga iklim investasi di Indonesia. Hal   tersebut dilakukan dengan terus memberikan berbagai bentuk insentif atau penyikapan fiskal untuk dunia usaha. Demikian disampaikan Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Kamis (31/5).
Oleh sebab itu, meskipun terjadi penurunan peringkat doing business dari salah satu lembaga pemeringkat internasional,  Menkeu optimistis investasi di Indonesia akan terus meningkat. Optimisme tersebut didukung oleh peringkat surat utang Indonesia yang saat ini sudah masuk investment grade. Dengan demikian, ketertarikan investor baik asing maupun domestik diyakini akan terus meningkat.
Penurunan peringkat doing business tersebut terjadi karena dalam penilaian Indonesia dibandingkan dengan negara-negara kecil di kawasan Asia. Dengan tantangan yang lebih besar, kemajuan Indonesia diakui tidak mungkin secepat negara-negara kecil di kawasan Asia. "Kalau doing business, itu antara satu negara dan negara lain, itu di saling berkaitan, sehingga kalau Indonesia maju, tapi negara lain lebih cepat maju, itu bisa Indonesia walaupun maju, tapi jatuh angkanya," jelas Menkeu.
Menurutnya, peringkat doing business suatu negara memiliki metode berbeda dengan rating lainnya. Sebagai contoh, peringkat investment grade, dihasilkan berdasarkan kajian yang dilakukan lembaga pemeringkat di suatu negara secara mendalam. "Kalau rating kita dengan Fitch dan Moody's, itu dia setiap negara dilakukan dengan kajian. Kemudian kalau negara itu dianggap baik, dia naikkan rating-nya menjadi investment grade. Dan Indonesia ternyata cukup bisa, misalnya Fitch atau Moodys dinaikkan rating-nya menjadi investment grade," tambahnya.
Seperti diketahui, berdasarkan laporan Institut for Management Development (IMD) 2012, Indonesia menduduki peringkat ke-42 untuk negara berdaya saing tinggi. Peringkat tersebut menurun dari tahun sebelumnya, yaitu peringkat 33.(rja)
URL : http://sinarpagisptsm.blogspot.com/2012/06/menkeu-optimistis-iklim-usaha-indonesia.html
#running news { position:fixed;_position:absolute;top:0px; center:0px; clip:inherit; _top:expression(document.documentElement.scrollTop+ document.documentElement.clientHeight-this.clientHeight); _left:expression(document.documentElement.scrollLeft+ document.documentElement.clientWidth - offsetWidth); }