***********Waspada dan Hati-hati....! terhadap bencana Banjir.......Longsor........Pohon tumbang akibat Angin Kencang..........seta tertib berlalu-lintas...................Banyak Jalan Berlubang...........Sayangi diri anda, dan Keluarga anda***********

26/12/12

BBWS Citarum Terus Upayakan Penanggulangan Bencana Banjir



Bandung-
Hujan yang lebat dan terus menerus yang terjadi di daerah Bandung dan sekitarnya pada hari Sabtu dan Minggu (22-23 Desember) mengakibatkan debit air meningkat dan melimpas di beberapa anak sungai Citarum, sehingga juga mengakibatkan air di sungai Citarum tidak lagi mampu ditampung dan menggenangi beberapa kawasan pemukiman warga.
Namun, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) langsung mengambil langkah-langkah penanggulangan bencana. Berikut Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Citarum A. Hasanudin menyampaikan dalam rilis tertulis (24/12).
“Di beberapa kawasan yang terlanda bencana banjir telah dilakukan langkah-langkah penanggulangan dan bantuan evakuasi berupa bantuan perahu. Selain itu juga telah dilakukan upaya memberikan karung untuk menutup tanggul yang jebol, menurunkan backhoe, pengangkatan sampah yang menghambat aliran sungai dan pemberian pompa untuk menyedot air,” seru Hasanudin.
Diketahui bahwa di anak sungai Citarum Suplai air meningkat dan berdampak juga pada debit air Sungai Citarum. di Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah misalnya, yang merupakan DAS Citarum, air menggenangi sebanyak 11 RW akibat suplai air meningkat dari anak sungai Citarum.
Berikut adalah beberapa anak sungai Citarum yang juga mengalami peningkatan suplai air, dan menyebabkan terjadinya bencana banjir. Kecamatan Bojong Soang yang merupakan DAS Cikapundung debit aliran sungainya meningkat sehingga mengakibatkan tanggul jebol dan berdampak air melimpas dan back water sehingga pemukiman dan sarana umum tergenang.
Hujan deras dan terus menerus di daerah hulu sungai Cidurian juga mengakibatkan over toping/limpasan dan jebolnya tanggul sungai sepanjang 20 meter yang terdiri dari beberapa titik di  Kelurahan Manjahlega, Kec.Rancasari.
Jebolnya tanggul juga terjadi di DAS Cikeruh, tanggul sungai sepanjang 20 meter tersebut mengakibatkan 4 rumah jebol di Kec.Cileunyi dan Kec.Cibiru hilir. Selain itu, DAS Cipamokolan yang berlokasi di Kel.Cipamokolan juga terjadi over toping/limpasan yang mengakibatkan terendamnya pemukiman yang terdiri dari 250 rumah dengan ketinggian air 15-40 cm.(nrm)
URL : http://sinarpagisptsm.blogspot.com/2012/12/bbws-citarum-terus-upayakan.html
#running news { position:fixed;_position:absolute;top:0px; center:0px; clip:inherit; _top:expression(document.documentElement.scrollTop+ document.documentElement.clientHeight-this.clientHeight); _left:expression(document.documentElement.scrollLeft+ document.documentElement.clientWidth - offsetWidth); }