***********Waspada dan Hati-hati....! terhadap bencana Banjir.......Longsor........Pohon tumbang akibat Angin Kencang..........seta tertib berlalu-lintas...................Banyak Jalan Berlubang...........Sayangi diri anda, dan Keluarga anda***********

16/07/11

Warga Desa Sukasetia Gotong Royong Buka Jalan Pariwisata

Tasikmalaya,SPN.

               Potensi area pariwisata memang belum begitu menjadi pusat perhatian bagi Pemkab Tasikmalaya, padahal seharusnya justru potensi pariwisata adalah merupakan salah satu asset bagi peningkatan PAD otonomi daerah yang nilainya cukup besar. karena secara otomatis dengan adanya area pariwisata tersebut akan meningkatkan perekonomian masyarakat, yang tentunya pula akan berimbas pada sektor-sektor lainnya.
               Dalam menyikapi adanya potensi area pariwisata Cikahuripan Talaga Bodas yang lokasinya masih dalam wilayah desa Sukasetia Kec Cisayong Kab Tasikmalaya, Kepala Desa Sukasetia Eli Sutardipradja mengambil inisiatif dan memprogramkannya kedalam rencana pembangunan desa. Kemudian diagendakan dalam rapat koordinator aparatur desa sehingga mendapat tanggapan/respon positif, dan atas kesepakatan bersama Minggu (17/7) ratusan warga desa Sukasetia melakukan gotong royong membuka jalan menuju ke area pariwisata Cikahuripan Talaga Bodas Gunung Galunggung.
               Kegiatan ini rencananya akan berlangsung selama satu minggu hingga (24/7), yang pelaksanaannya diatur secara bergilir dan setiap ke RT an mengirimkan 5 orang warganya. Berarti desa Sukasetia yang terdiri dari 24 RT setiap harinya warga yang bergotong royong berjumlah 120 orang. Dengan pengerjaan pembukaan jalan menuju ke lokasi pariwisata panjangnya sekitar 9 KM dan lebar jalan 3 meter. Konstruksinya akan di beri batu dan pasir serta akan dipadatkan dengan mesin giling.
               “Pembukaan jalan yang memang sudah ada, namun kondisinya rusak dan sangat kecil ini adalah merupakan inisiatif pemerintah dan warga desa Sukasetia. Hal tersebut sebagai upaya mempotensikan wilayah pariwisata yang lokasinya kebetulan masih termasuk wilayah desa Sukasetia Kec Cisayong Kab Tasikmalaya. Mudah-mudahan saja dapat berjalan dengan lancar, namun kami optimis melihat antusias warga yang begitu besar bergotong royong”. Demikian menurut Ketua BPD Desa Sukasetia Wawan. E .
Selanjutnya menurut Wawan, bahwa dilain hal kegiatan ini adalah sebagai upaya menumbuhkan kembali rasa kebersamaan dan kegotong royongan warga desa Sukasetia, sehingga akan terus berlanjut dan dipertahankan dari generasi kegenerasi”. Katanya.
               Seperti yang telah pernah dimuat SPN edisi yang lalu, keberadaan area Cikahuripan bila dipotensikan dengan sungguh-sungguh akan menjadi asset pemkab Tasikmalaya, apalagi medannya yang cukup strategis sehingga menjadi potensi pariwisata yang multifungsi. Kini tinggal pemkab Tasikmalaya akan memanfaatkannya atau sama sekali tidak peduli dengan pemanfaatan potensi-potensi alam yang justru akan membawa pada peningkatan perekonomian masyarakatnya.


***W.Er*** 
URL : http://sinarpagisptsm.blogspot.com/2011/07/warga-desa-sukasetia-gotong-royong-buka.html
#running news { position:fixed;_position:absolute;top:0px; center:0px; clip:inherit; _top:expression(document.documentElement.scrollTop+ document.documentElement.clientHeight-this.clientHeight); _left:expression(document.documentElement.scrollLeft+ document.documentElement.clientWidth - offsetWidth); }