***********Waspada dan Hati-hati....! terhadap bencana Banjir.......Longsor........Pohon tumbang akibat Angin Kencang..........seta tertib berlalu-lintas...................Banyak Jalan Berlubang...........Sayangi diri anda, dan Keluarga anda***********

11/11/13

Apresiasi Seni Budaya SMKN Rajapolah


Rajapolah,-
Pelaksanaan pendidikan nasional harus menjamin pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan di tengah perubahan global agar warga Indonesia menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, cerdas, produktif, dan berdaya saing tinggi dalam pergaulan nasional maupun internasional.
Untuk menjamin tercapainya tujuan pendidikan tersebut, Pemerintah telah mengamanatkan penyusunan delapan standar nasional pen¬didikan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar nasional pendidikan adalah kriteria minimum tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan nasional juga berpusat pada peserta didik agar dapat: (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenang¬kan. Untuk menjamin terwujudnya hal tersebut diperlukan adanya sarana dan prasarana yang memadai di lingkungan sekolah. Salah satunya adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran secara formal. Melalui kegiatan ekstrakurikuler ini siswa dapat mengembangkan potensi diri serta bakat yang dimiliki oleh siswa.
Sanggar seni merupakan suatu wadah untuk berbagai kegiatan seni yang ada di sekolah. Sanggar seni sekolah juga merupakan suatu sarana yang menghantar cakrawala pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang seni. Seni tersebut terdiri dari, seni tari, musik, teater, dan seni rupa. Melalui sanggar seni ini, siswa dapat meningkatkan potensi diri melalui, kegiatan yang menuntut adanya kreatifitas, membangun pengetahuan dan berfikir mandiri untuk menghasilkan karya seni. Selanjutnya kegiatan ini merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan suatu proses yang berkelanjutan dengan pendekatan holistik atau menyeluruh sesuai dengan kebutuhan siswa.
Salah satu bentuk program sanggar seni yang dilakukan pada tahun 2013 ini adalah kegiatan-kegiatan di bidang seni budaya yang diwujudkan dalam even Apresiasi Seni Siswa/Siswi SMKN Rajapolah Kab Tasikmalaya Jawa Barat. Program ini digelar dalam rangka mendorong dan memotivasi siswa untuk mempelajari seni budaya lokal maupun nasional. Melalui program ini diharapkan siswa dapat lebih mengenal, mencintai, sekaligus melestarikan nilai-nilai seni budaya lokal yang kita miliki di daerah, untuk mengimbangi semakin maraknya budaya asing yang masuk ke Indonesia seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat saat ini.
Acara Apresiasi Seni Budaya ini digelar dengan tujuan agar siswa dapat lebih mengenal, mencintai, sekaligus melestarikan nilai-nilai seni budaya lokal yang kita miliki di daerah, untuk mengimbangi semakin maraknya budaya asing yang masuk ke Indonesia seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat saat ini. Tidak hanya bagi para siswa/siswi yang tergabung dalam sanggar seninya saja, namun bagi seluruh siswa/siswi SMKN Rajapolah yang juga merupakan tugas untuk belajar mengkaji, mencari, berani mengungkapkan unsur-unsur apa saja yang terdapat didalam pertunjukan tersebut, yang dituangkan kedalam suatu makalah. Sehingga pelajaran seni budaya yang didapat tidak hanya monoton melalui teori, namun juga secara faktualnya.
Demikian ungkap pembina Sanggar Seni SMKN Rajapolah Kab. Tasikmalaya Jawa Barat Tenira Nurwanda, S.Sn dalam sambutannya, dalam pagelaran Apresisi Seni Budaya SMKN Rajapolah, Minggu (10/11) di aula GOR Rajapolah.
Selanjutnya menurut Tenira, bahwa pagelaran seperti ini adalah merupakan suatu pembelajaran yang sangat berharga bagi para siswa/siswi, yaitu dari tahapan persiapan, pengajuan proposal, mencari dana, pengadministrasian, hingga memenej design panggung, costum, lalu pertunjukannya itu sendiri. Hal ini secara otomatis akan menciptakan adanya rasa kebersamaan, solideritas, saling menghargai, serta rasa tanggung jawab. Sudah barang tentu akan terwujud suatu pendidikan karakter pada para siswa/siswinya. Semoga Sanggar Seni Budaya SMKN Rajapolah akan tetap berjaya. Tambahnya.
Acara dihadiri, Wakasek SMKN Rajapolah, para guru yang terlibat dalam mata pelajaran seni budaya, tamu undangan, serta para siswa/siswi SMKN Rajapolah dan para alumninya.
Gelaran yang dipertujakan mulai dari paduan suara, sajak, perkusi, dan longseran, yang kesemuanya dikemas dalam seni budaya khas sunda. (**)


URL : http://sinarpagisptsm.blogspot.com/2013/11/apresiasi-seni-budaya-smkn-rajapolah.html
#running news { position:fixed;_position:absolute;top:0px; center:0px; clip:inherit; _top:expression(document.documentElement.scrollTop+ document.documentElement.clientHeight-this.clientHeight); _left:expression(document.documentElement.scrollLeft+ document.documentElement.clientWidth - offsetWidth); }